INTEGRATED CURICULUM

A.     Intra Kurikulum

Sekolah Dasar Islam (SDI) As’salam mengimplementasikan Kurikulum Nasional, kurikulum bermuatan Islam secara proposional melalui program intra kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler dengan orientasi flaksibilitas.


Untuk itu kurikulum Sekolah Dasar Islam SDI) As’salam menganut “Integrated Curikulum” yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain, merupakan pendidikan dan pembelajaran terjadwal.

1. Kurikulum Nasional
Struktural kurikulum Sekolah Dasar Islam  (SDI) As’salam mengacu kepada ketentuan depdiknas, dengan adanya otonomi daerah, maka sekolah pun diberikan keleluasaan mengadakan infrapisasi dan pengembangan kurikulum yang disesuaikan belajar 5 hari, 32 jam perminggu dan ditambah pengembangan diri dan pengayaan yang disesuaikan dengan tingkatan kelas peserta didik.

2. Kurikulum Khusus dan Muatan Lokal
Kurikulum khusus yang dikembangkan pada Sekolah Dasar Islam (SDI) As’salam adalah Agama Islam, Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan pengembangan pekerti diri. Dengan Pendidikan Agama, Bahasa Arab, Bahasa Inggris. Pengembangan selain dilakukan pada hari sekolah dengan menambah jumlah jam, juga dilakukan di luar jam sekolah sedangkan materi muatan lokal Hafis al Qur’an.

3. Kokurikuler
Pendidikan dan pengembangan yang berorentasi pada upaya pendalaman dan penguatan mata pelajaran. Hal ini dapat dilakukan di luar jam sekolah.